Skip to main content

Jenis Fonem

Jenis Fonem Jenis fonem yang dibicarakan di atas (vokal dan konsonan) dapat dibayangkan sebagai atau dikaitkan dengan segmen-segmen yang membentuk arus ujaran. Kata bintang , misalnya, dilihat sebagai sesuatu yang dibentuk oleh enam segmen — /b/, /i/, /n/, /t/, /a/, /Å‹/. Satuan bunyi fungsional tidak hanya berupa fonem-fonem segmental. Jika dalam fonetik telah diperkenalkan adanya unsur-unsur suprasegmental, dalam fonologi juga dikenal adanya jenis fonem suprasegmental. Dalam bahasa Batak Toba kata /itÉ™m/ berarti '(pewarna) hitam', sedangkan /itÉ”m/ (dengan tekanan pada suku kedua) berarti 'saudaramu'. Terlihat bahasa yang membedakan kedua kata itu adalah letak tekanannya, sehingga dapat dikatakan bahwa tekanan bersifat fungsional. Lain lagi yang diperlihatkan dalam contoh bahasa Inggris berikut. Di sini perubahan letak tekanan tidak mengubah makna leksikal kata, tetapi mengubah jenis katanya. Kata benda Kata kerja ‘import ‘impor’

Keterbatasan

Keterbatasan


Banyak dari keterbatasan kita sebenarnya kita ciptakan sendiri. Ini bukan konsep baru. Saya disadarkan lagi mengenai hal ini oleh wawancara sebuah majalah dengan seorang musisi hebat, Herbie Hancock. Dalam wawancara itu, Herbie berkata, "Saya sadar saya tidak pernah bisa jadi (pemain jazz) jenius di kelompok Miles Davis, Charlie Parker, atau John Coltrane. Jadi saya lupakan saja hasrat menjadi musisi legendaris dan saya sudah puas menciptakan musik untuk membuat orang-orang bahagia".

Saya sangat terkesan dengan kejujuran Herbie dalam pernyataan terbuka ini. Pernyataan itu juga menunjukkan dalamnya analisis diri sendiri serta kerendahan hati—terutama dari seseorang yang telah bermain bersama begitu banyak seniman jazz besar. Namun Herbie Hancock mungkin salah satu dari sedikit musisi yang bisa memperoleh penghasilan dengan hanya memainkan jazz murni.

Beberapa orang mungkin menganggap dia melepaskan impiannya. Bagi saya, Herbie melepaskan dirinya dari keterbatasan-keterbatasan pribadi. Misalnya, album Headhunter-nya adalah album klasik funk, dan lagu "Watermelon Man" serta "Chameleon" telah meraih begitu banyak pendengar. (Buddy Rich merekam lagu terakhir tersebut dalam versi yang cukup menghentak).

Herbie juga menulis musik untuk film seperti Deathwish, A Soldier's Story, Jojo Dancer, dan tentu saja, Round Midnight yang memberinya sejumlah penghargaan.

Itu sungguh sebuah rekor yang amat mengesankan yang diraih oleh seseorang yang tidak bersedia menjadi musisi legendaris. Saya kira dia mencapai sukses ini dengan melepaskan keterbatasan-keterbatasannya. Dengan kata lain, dia menjadi musisi total sebagai ganti musisi jazz semata. Jangan salah paham: Menjadi musisi apa pun adalah cita-cita yang berharga, entah di jazz, klasik, rock atau apa pun. Tapi kadang-kadang kita membatasi diri dengan mengambil sudut pandang yang terlalu sempit terhadap diri sendiri maupun musik.

Banyak di antara kita yang menjadi pemain all-around karena terpaksa. Ketika kita terdesak oleh kebutuhan untuk memperoleh penghasilan, kita harus memainkan musik yang ingin didengar orang-orang. Jadi, kebanyakan dari kita akan memainkan musik populer saat kita memasuki arena itu.

Dalam kasus saya, saya menjadi musisi studio untuk menjauhi perjalanan keliling tanpa akhir. Meskipun saya sangat suka bermain jazz big band, saya ingin berada di rumah dan menyaksikan anak-anak saya bertambah besar. Tapi saya tidak bisa memperoleh penghasilan dengan bermain jazz tanpa perjalanan keliling. Di sisi lain, saya juga menyadari bahwa saya tidak akan menjadi seorang jenius dalam waktu singkat. Ini berarti bahwa saya harus mengubah pola pikir saya.

Saya terkejut kala melihat bahwa kerja studio merupakan medan pengalaman sekaligus pembelajaran yang baik sekali, karena seorang drummer studio harus bisa memainkan berbagai jenis musik. Contoh terbaik mengenai hal ini adalah Ed Shaughnessy di acara Tonight Show. Ed tidak pernah tahu bahwa dia diharapkan bermain setiap malam.

Saya telah bertemu para drummer yang mandeg pada gaya atau tempat tertentu, dan tidak pernah mengupdate pola pikir mereka. Ini dialami oleh para pemain jazz berumur. Tetapi saya juga menjumpai sikap yang sama dalam diri drummer muda yang hanya mendengarkan satu grup atau drummer, dan menghabiskan waktu mengkritik musik lainnya.

Saya punya teman yang ingin menjadi drummer Rock and Roll terkenal. Dia menggantungkan impiannya begitu tinggi sehingga ketika tidak tercapai, dia menjadi sangat tertekan. Usianya sudah hampir empat puluh, dan akhirnya dia melepas impiannya beberapa tahun yang lalu. Saya ingin mengungkapkannya dengan kalimat lain. Dia tidak menyerah, dia menyesuaikan tujuan-tujuannya. Dia berusaha mengadopsi pandangan yang lebih luas tentang bisnis musik. Sekarang dia sangat dibutuhkan sebagai seorang guru, dan ia bermain setiap minggu. Ia membangun keluarga yan baik, sementara terus berusaha untuk meningkatkan permainan drumnya. Dia memainkan semua jenis musik, dan sangat jauh lebih bahagia.

Cita-cita itu bagus, dan itu biasanya yang menopang kita pada tahun-tahun awal, ketika jalan yang kita tempuh masih sulit. Tapi musik selalu menantang, bisnis musik selalu berubah, dan—percaya atau tidak—kita juga selalu berubah. Agar tidak tenggelam, kita harus bertumbuh, dan tumbuh berarti berubah. Bertumbuh adalah proses penyesuaian sikap, tujuan dan konsep.

Memandang musik sebagai sebuah peluang yang sangat luas merupakan salah satu cara untuk mengenyahkan keterbatasan dalam pemikiranmu. Ada banyak jenis musik dan banyak gaya dalam memainkan drum, dan semuanya sah-sah saja. Bahkan jika kamu tidak memainkan jazz, atau rock, atau musik klasik, cobalah untuk menyadari semua itu sampai tingkat tertentu. Pergilah ke konser simfoni dan perhatikan seksi perkusinya. Kamu akan melihat bahwa pertunjukan itu hebat dan bahkan kamu mungkin mencomot beberapa ide sebagai bahan latihan di rumah.

Saya baru-baru ini menyaksikan konser heavy metal Megadeth dan Dio. Saya tidak kenal lagu-lagu mereka, tapi permainan drum Vinny Appice yang solid layak dilihat dan didengar. Chuck Behler dari Megadeth juga sangat baik. Pengalaman menonton itu sangat menggairahkan, dan saya senang bisa menonton konser itu. Setidaknya saya mendapatkan beberapa ide tentang apa yang sedang berlangsung dalam jenis musik itu dan permainan drum di area itu.

Ketika saya membaca wawancara Herbie Hancock, saya tidak habis pikir seberapa besar yang sudah dan sedang dilakukan oleh orang ini di jalur musik. Dia punya pandangan yang sangat luas tentang musik dan bergerak dengan mudah dari jazz ke electric funk. Chick Corea, salah satu kawan dekat Herbie, juga mampu melakukan hal yang sama. Dan Dave Weckl, pemain muda yang bermain bersama Chick Corea, memiliki kemampuan yang sama, yaitu memainkan drum akustik namun memeluk elektronik.

Lihatlah dirimu dari sudut pandang yang lain dan perhatikan apakah pola pikirmu menghalangi kemajuanmu. Jika kamu merasa begitu, cobalah seperti Herbie Hancock. Jangan khawatir tentang menjadi musisi legendaris, mainkan saja musik agar orang-orang merasa senang. Siapa tahu, dengan begitu kamu justru menjadi musisi legendaris, seperti yang sungguh-sungguh dicapai oleh Herbie Hancock.


Baca: Buku Panduan Menjadi Drummer Profesional

Comments

Popular posts from this blog

Tanda-tanda Koreksi

6. Tanda-tanda Koreksi Sebelum menyerahkan naskah kepada dosen atau penerbit, setiap naskah harus dibaca kembali untuk mengetahui apakah tidak terdapat kesalahan dalam soal ejaan , tatabahasa atau pengetikan. Untuk tidak membuang waktu, maka cukuplah kalau diadakan koreksi langsung pada bagian-bagian yang salah tersebut. Bila terdapat terlalu banyak salah pengetikan dan sebagainya, maka lebih baik halaman tersebut diketik kembali. Untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan itu, lazim dipergunakan tanda-tanda koreksi tertentu, sehingga antara penulis dan dosen, atau antara penulis dan penerbit, terjalin pengertian yang baik tentang apa yang dimaksud dengan tanda koreksi itu. Tanda-tanda koreksi itu dapat ditempatkan langsung dalam teks atau pada pinggir naskah sejajar dengan baris yang bersangkutan. Tiap tanda perbaikan dalam baris tersebut (kalau ada lebih dari satu perbaikan pada satu baris) harus ditempatkan berturut-turut pada bagian pinggir kertas; bila perlu tiap-tiapnya dipis

Buku Komposisi Gorys Keraf

Daftar Isi Buku Komposisi Gorys Keraf Kata Pengantar Daftar Isi PENDAHULUAN Bahasa Aspek Bahasa Fungsi Bahasa Tujuan Kemahiran Berbahasa Manfaat Tambahan Kesimpulan BAB I PUNGTUASI Pentingnya Pungtuasi Dasar Pungtuasi Macam-macam Pungtuasi BAB II KALIMAT YANG EFEKTIF Pendahuluan Kesatuan Gagasan Koherensi yang baik dan kompak Penekanan Variasi Paralelisme Penalaran atau Logika BAB III ALINEA : KESATUAN DAN KEPADUAN Pengertian Alinea Macam-macam Alinea Syarat-syarat Pembentukan Alinea Kesatuan Alinea Kepaduan Alinea 5.1 Masalah Kebahasaan 5.2 Perincian dan Urutan Pikiran BAB IV ALINEA : PERKEMBANGAN ALINEA Klimaks dan Anti-Klimaks Sudut Pandangan Perbandingan dan Pertentangan Analogi Contoh Proses Sebab - Akibat Umum - Khusus Klasifikasi Definisi Luar Perkembangan dan Kepaduan antar alinea BAB V TEMA KARANGAN Pengertian Tema Pemilihan Topik Pembatasan Topik Menentukan Maksud Tesis dan Pengungkapan Maksud

Bagian Pelengkap Pendahuluan

2. Bagian Pelengkap Pendahuluan Bagian pelengkap pendahuluan atau disebut juga halaman-halaman pendahuluan sama sekali tidak menyangkut isi karangan. Tetapi bagian ini harus disiapkan sebagai bahan informasi bagi para pembaca dan sekaligus berfungsi menampilkan karangan itu dalam bentuk yang kelihatan lebih menarik. Biasanya bagian pelengkap pendahuluan dinomori dengan mempergunakan angka Romawi. Bagian pelengkap pendahuluan biasanya terdiri dari judul pendahuluan, halaman pengesahan, halaman judul, halaman persembahan, kata pengantar, daftar isi, daftar gambar dan tabel, dan halaman penjelasan kalau ada. Bila karangan itu akan diterbitkan sebagai buku, maka bagian-bagian yang diperlukan sebagai persyaratan formal adalah: judul pendahuluan, halaman belakang judul pendahuluan, halaman judul, halaman belakang judul, halaman persembahan dan halaman belakang persembahan kalau ada, kata pengantar, daftar isi, daftar gambar atau tabel serta halaman penjelasan atau keterangan kalau