Jenis Fonem Jenis fonem yang dibicarakan di atas (vokal dan konsonan) dapat dibayangkan sebagai atau dikaitkan dengan segmen-segmen yang membentuk arus ujaran. Kata bintang , misalnya, dilihat sebagai sesuatu yang dibentuk oleh enam segmen — /b/, /i/, /n/, /t/, /a/, /ŋ/. Satuan bunyi fungsional tidak hanya berupa fonem-fonem segmental. Jika dalam fonetik telah diperkenalkan adanya unsur-unsur suprasegmental, dalam fonologi juga dikenal adanya jenis fonem suprasegmental. Dalam bahasa Batak Toba kata /itəm/ berarti '(pewarna) hitam', sedangkan /itɔm/ (dengan tekanan pada suku kedua) berarti 'saudaramu'. Terlihat bahasa yang membedakan kedua kata itu adalah letak tekanannya, sehingga dapat dikatakan bahwa tekanan bersifat fungsional. Lain lagi yang diperlihatkan dalam contoh bahasa Inggris berikut. Di sini perubahan letak tekanan tidak mengubah makna leksikal kata, tetapi mengubah jenis katanya. Kata benda Kata kerja ‘import ‘impor’
6. Tanda-tanda Koreksi
Sebelum menyerahkan naskah kepada dosen atau penerbit, setiap naskah harus dibaca kembali untuk mengetahui apakah tidak terdapat kesalahan dalam soal ejaan, tatabahasa atau pengetikan. Untuk tidak membuang waktu, maka cukuplah kalau diadakan koreksi langsung pada bagian-bagian yang salah tersebut. Bila terdapat terlalu banyak salah pengetikan dan sebagainya, maka lebih baik halaman tersebut diketik kembali.
Untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan itu, lazim dipergunakan tanda-tanda koreksi tertentu, sehingga antara penulis dan dosen, atau antara penulis dan penerbit, terjalin pengertian yang baik tentang apa yang dimaksud dengan tanda koreksi itu. Tanda-tanda koreksi itu dapat ditempatkan langsung dalam teks atau pada pinggir naskah sejajar dengan baris yang bersangkutan. Tiap tanda perbaikan dalam baris tersebut (kalau ada lebih dari satu perbaikan pada satu baris) harus ditempatkan berturut-turut pada bagian pinggir kertas; bila perlu tiap-tiapnya dipisahkan dengan sebuah tanda diagonal atau garis miring.
Tanda-tanda koreksi yang biasa dipakai untuk maksud di atas adalah:
Demikian beberapa tanda koreksi yang biasa dipergunakan dalam memperbaiki naskah-naskah, entah naskah tersebut diserahkan langsung ke percetakan atau diserahkan kepada seorang pembimbing skripsi.
Perhatikanlah contoh koreksi di bawah ini.
teks asli: DUNIA REMAJA BERGOLAK
Huru-hara di dunia mahasiswa Perancis baru-baru ini, yang telah didahului oleh gejala-gejala serupa itu di Jerman Barat dan Polandia, lalu disusul oleh gelombang-gelombang di tengah-tengah mahasiswa di Brussel dan Stockholm, semuanya ini menunjukkan adanya suatu pola umum dalam perkembangan generasi muda di dunia. Dan dalam hubungan ini patutlah kita ingat juga akan peranan aksi-aksi pemuda mahasiswa pada bulan Pebruari/Maret 1966 dan seterusnya. Ragi apakah yang kini menghayati generasi muda ini?
Majalah Time dalam edisinya tanggal 6 Januari 1967 telah memproklamirkan kaum muda sedunia sebagai "Man of the Year 1966", dan selama empat tahun terakhir ini telah 200 kali menyajikan sebuah karangan mengenai masalah dunia remaja. Cukup bukti betapa luas pengaruhnya kaum muda terhadap kebudayaan dunia modern.
Limabelas tahun yang lampau majalah yang sama pernah menamakan kaum muda di Amerika Serikat "the silent generation". Tetapi kini angkatan tersebut sama sekali bukan "silent". Di mana-mana saja, dari San Fransisco sampai ke Moskwa, dari Paris sampai ke Jakarta, kaum muda bergolak dan tampil ke muka. Dan manifes yang pernah dikeluarkan oleh salah satu rombongan pemuda, "the Monkees", dapat kita pandang sebagai slogan mereka: "Kami adalah generasi baru dan kami ingin mengatakan sesuatu".
Latihan
- Buatlah sebuah halaman judul skripsi berdasarkan data-data berikut: Seorang mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia diwajibkan membuat sebuah skripsi dengan judul "Tenaga Atom, manfaatnya dalam tujuan-tujuan damai". Skripsi ini dibuat untuk mencapai gelar Sarjana Teknik, pada masa ujian 1970.
- Buatlah sebuah kata pengantar untuk skripsi di atas.
- Carilah lima halaman judul buku yang diterbitkan oleh penerbit Luar Negeri, serta lima yang diterbitkan oleh penerbit Dalam Negeri. Catatlah itu dan uraikan perbedaan antara halaman-halaman judul tersebut.
- Catatlah isi sebuah kata pengantar dan isi sebuah pendahuluan dari sebuah buku. Apakah anda menemukan unsur-unsur sebagai yang saudara pelajari?
- Perbaikilah kesalahan-kesalahan dalam fragmen berikut. Ketiklah kembali sesuai dengan apa yang tertera di bawah ini, kemudian perbaikilah fragmen tersebut dengan mempergunakan ketentuan-ketentuan yang saudara ketahui"
"Bahasa sebagai alat komunikasi
Tak dapat diingkari, bahwa bahasa Indonesia selain menjadi hasil daripada kesadaran nasional kita telah menjadi alat menjadi ampuh untuk mengeMBANGKAN rasa kesadaran nasional. k e s e g e n a p pelosok tanah air. Tak dapat dibantahkan, bahwa bahasa Indonesia selaku bahasa negara daripada Republik Indonesia telah pula menjadi alat yang perkasa memenangkan untuk perjuangan menegakkan Republik Indonesia tersebut."
Teks aslinya adalah sebagai berikut:
"Bahasa selaku alat komunikasi (huruf tebal)
Tak dapat diingkari, bahwa bahasa Indonesia selain menjadi hasil daripada kesadaran nasional kita, telah pula menjadi alat yang ampuh untuk mengembangkan rasa kesadaran nasional itu ke segenap pelosok Tanah Air. Tak dapat pula dibantah, bahwa bahasa Indonesia selaku bahasa negara daripada Republik Indonesia telah pula menjadi alat yang perkasa untuk memenangkan perjuangan menegakkan Republik Indonesia tersebut."
(Bahasa dan Kesusastraan Indonesia, hal. 37)
Beli buku di mana?
ReplyDeleteadakah penjualan OL?