Jenis Fonem Jenis fonem yang dibicarakan di atas (vokal dan konsonan) dapat dibayangkan sebagai atau dikaitkan dengan segmen-segmen yang membentuk arus ujaran. Kata bintang , misalnya, dilihat sebagai sesuatu yang dibentuk oleh enam segmen — /b/, /i/, /n/, /t/, /a/, /Å‹/. Satuan bunyi fungsional tidak hanya berupa fonem-fonem segmental. Jika dalam fonetik telah diperkenalkan adanya unsur-unsur suprasegmental, dalam fonologi juga dikenal adanya jenis fonem suprasegmental. Dalam bahasa Batak Toba kata /itÉ™m/ berarti '(pewarna) hitam', sedangkan /itÉ”m/ (dengan tekanan pada suku kedua) berarti 'saudaramu'. Terlihat bahasa yang membedakan kedua kata itu adalah letak tekanannya, sehingga dapat dikatakan bahwa tekanan bersifat fungsional. Lain lagi yang diperlihatkan dalam contoh bahasa Inggris berikut. Di sini perubahan letak tekanan tidak mengubah makna leksikal kata, tetapi mengubah jenis katanya. Kata benda Kata kerja ‘import ‘impor’
8. Umum - Khusus
Kedua cara ini, yaitu umum-khusus dan khusus-umum, merupakan cara yang paling umum untuk mengembangkan gagasan-gagasan dalam sebuah alinea secara teratur. Dalam hal yang pertama gagasan utamanya ditempatkan pada awal alinea, serta pengkhususan atau perincian-perinciannya terdapat dalam kalimat-kalimat berikutnya. Sebaliknya dalam hal yang kedua mula-mula dikemukakan perincian-perinciannya, kemudian pada akhir alinea generalisasinya. Jadi, yang satu bersifat deduktif, sedangkan lainnya bersifat induktif. Sebuah variasi dalam kedua jenis alinea itu adalah semacam penggabungan yaitu pada awal alinea terdapat gagasan utamanya (jadi bersifat umum-khusus), tetapi pada akhir alinea gagasan utama tadi diulang sekali lagi (jadi: bersifat khusus-umum).
"Sebuah teori tentang fungsi bahasa yang sangat terkenal, ialah teori Karl Buhler, seorang ahli jiwa dan ahli teori tentang bahasa, bangsa Austria. Sejak tahun 1918 diperkenalkan teori tentang tri fungsi tentang bahasa dalam berbagai tulisan. Pada tahun 1934 terbitlah bukunya 'Sprachteorie' yang membela teori fungsi bahasanya. Mula-mula teori Buhler itu tidak mendapat perhatian orang. Tetapi lambat-laun para pendidik tertarik hatinya dan akhirnya mempengaruhi pengajaran bahasa di sekolah-sekolah. Karl Buhler membantah pendapat Wilhelm Wundt 1832-1920, bahwa bahasa itu hanyalah ekspresi saja daripada peristiwa-peristiwa batin, dengan alat bunyi peristiwa-peristiwa yang berkecamuk alam batin dapat dinyatakan dengan berbagai cara. Dengan gerak-gerik, dengan mimik, dan juga dengan bunyi. Teori Wundt itu akan jelas kiranya, jika kita memperhatikan tingkah laku orang, lebih-lebih tingkah laku orang primitif". (SB).
Baca: Buku Komposisi Gorys Keraf
Comments
Post a Comment