Skip to main content

Jenis Fonem

Jenis Fonem Jenis fonem yang dibicarakan di atas (vokal dan konsonan) dapat dibayangkan sebagai atau dikaitkan dengan segmen-segmen yang membentuk arus ujaran. Kata bintang , misalnya, dilihat sebagai sesuatu yang dibentuk oleh enam segmen — /b/, /i/, /n/, /t/, /a/, /ŋ/. Satuan bunyi fungsional tidak hanya berupa fonem-fonem segmental. Jika dalam fonetik telah diperkenalkan adanya unsur-unsur suprasegmental, dalam fonologi juga dikenal adanya jenis fonem suprasegmental. Dalam bahasa Batak Toba kata /itəm/ berarti '(pewarna) hitam', sedangkan /itɔm/ (dengan tekanan pada suku kedua) berarti 'saudaramu'. Terlihat bahasa yang membedakan kedua kata itu adalah letak tekanannya, sehingga dapat dikatakan bahwa tekanan bersifat fungsional. Lain lagi yang diperlihatkan dalam contoh bahasa Inggris berikut. Di sini perubahan letak tekanan tidak mengubah makna leksikal kata, tetapi mengubah jenis katanya. Kata benda Kata kerja ‘import ‘impor’

Ninjobon

Ninjobon


10.  Ninjobon


Salah bentuk cerita yang lahir pada zaman Edo adalah ninjobon yang ditulis pada akhir zaman Edo. Ninjobon banyak mengambil unsur cerita dari karya sebelumnya, yaitu dari kokkeibon dan sharebon. Cerita-cerita ini banyak melukiskan tentang kehidupan rakyat biasa serta kebiasaan-kebiasaannya. Jika dalam buku sharebon hanya digambarkan percintaan antara wanita-wanita tuna susila dengan tamu laki-lakinya, maka dalam ninjobon menggambarkan percintaan segitiga antara dua atau tiga wanita remana dengan satu laki-laki. Cerita dalam ninjobon disampaikan dalam bentuk kalimat percakapan.

Seorang pengarang ninjobon yang tidak ada duanya adalah Tamenaga Shunsui. Orang-orang menjulukinya "nenek moyangnya" ninjobon. Tujuan penulisan ninjobon bagi Shunsui adalah untuk pembaca kaum wanita. Dia berusaha keras dan dengan cermat menggambarkan hubungan cinta kasih antara laki-laki dan wanita.

Menurut Shunsui, pengertian ninjo bukan saja merupakan hubungan antara laki-laki dengan wanita, dan bukan saja cinta kasih di antara dua insan laki-laki dan wanita, tetapi Shunsui berkesimpulan lebih dalam dari itu. Ninjo menurutnya adalah rasa sukacita yang bodoh dan dapat terjadi pada insan laki-laki dan wanita.

Karya Shunsui yang sangat terkenal ialah Umegoyomi yang terdiri dari 5 seri, dengan judul masing-masing Shunshoku Umemibune, dan Shunshoku Megumi no Hana.

Di antara karya-karyanya, Shunshoku Umegoyomi dan Shunshoku Tatsumi no sono adalah karya Shunsui yang paling terkenal. Ringkasan cerita Shunsui Umegoyomi.
Natsume Tanjiro adalah anak angkat dari sepasang suami-istri yang bekerja di rumah bordir "Karakotoya". Dia berpacaran dengan seorang geisha di rumah bordir itu yang bernama Yonehachi. Sayangnya, setelah bapak dan ibu angkatnya meninggal, dia diusir oleh pengurus rumah bordir itu, dan dia diharuskan membayar utang karena keadaan bordir yang sudah tidak mempunyai harta seperti dahulu. Tanjiro — yang merasa ditipu — terpaksa melarikan diri dan bersembunyi di kampung. Sementara itu, kekasihnya keluar dari "Karakotoya" atas bantuan Tobei, tamu langganan Konoita dan juga seorang geisha di situ. Kemudian, Yonehachi menjadi geisha di "Kokyu no Hari" untuk menunjang kehidupan Tanjiro yang bersembunyi di kampung.
     Sebenarnya pada waktu orang tua angkatnya masih hidup, Tanjiro sudah dijodohkan dengan putri pemiliki "Karakotoya" yang bernama Onaga. Onaga pun tidak dapat diganggu oleh orang jahat, Onaga ditolong oleh seorang hair dresser yang bernama Oyoshio, yang kebetulan sedang lewat di situ. Onaga kemudian bertemu dengan Tanjiro. Untuk menolong keuangan Tanjiro, Onaga bersedia menjadi geisha. Selama itu ternyata Tanjiro menjalin percintaan dengan Adakichi, seorang geisha kawan seasrama (pondokan) Yonehachi. Adakichi pun turut membantu keuangan Tanjiro.
     Yonehachi mendapat tekanan dari Tobei yang telah menolongnya, sedangkan Adakichi pun dipaksa agar mau menjadi wanita tuna susila di rumah bordir Okuma. Kedua kekasih Tanjiro ini dengan sekuat tenaga menolak tawaran dan paksaan itu demi menjaga kesucian diri mereka masing-masing. Mereka semua berkorban demi Tanjiro. Akhir cerita, Tobei menyadari bahwa Yonehachi memang seorang wanita yang sungguh-sungguh menjaga diri demi Tanjiro. Di lain pihak, Tobei menolong Onaga dari genggaman (tekanan) Okuma. Akhirnya, Tobei kawin dengan Oyoshi yang sudah dijodohkan oleh kedua orang tuanya. Kemudian, Tobei menolong Tanjiro untuk memutuskan hubungan dengan Adakichi, sehingga Onaga menjadi istri Tanjiro, sementara Yonehachi menjadi selirnya. 

Novel ini merupakan karya yang banyak mendapat perhatian pada awal zaman Edo. Karya yang ditujukan untuk pembaca wanita ini banyak menggambarkan kehidupan seorang wanita, walaupun jika ditinjau dari pemikiran dan dari segi moral akan ditentang oleh pembaca-pembaca zaman sekarang. Tanjiro digambarkan sebagai seorang tokoh yang menjalin hubungan erat dengan tiga orang wanita. Begitu pula pengarang dengan indahnya melukiskan tempat-tempat mereka mengadakan pertemuan. Tokoh-tokoh yang diangkat dalam cerita ini sebagai model memang benar-benar tokoh yang ada di dalam masyarakat dan tidak kalah pentingnya lukisan kehidupan serta kebiasaan-kebiasaan masyarakat pada zaman Edo.

Nama Tanjiro menjadi suatu nama yang dipuja-puja para wanita pada zaman itu. Begitu pula Yonehachi dan Adakichi yang dilukis dalam macam-macam kerajinan, dan lukisannya banyak diminati. Pendek kata, ketiga tokoh ini menjadi idaman masyarakat.



Baca: Buku Pengantar Kesusastraan Jepang

Comments

Popular posts from this blog

Tanda-tanda Koreksi

6. Tanda-tanda Koreksi Sebelum menyerahkan naskah kepada dosen atau penerbit, setiap naskah harus dibaca kembali untuk mengetahui apakah tidak terdapat kesalahan dalam soal ejaan , tatabahasa atau pengetikan. Untuk tidak membuang waktu, maka cukuplah kalau diadakan koreksi langsung pada bagian-bagian yang salah tersebut. Bila terdapat terlalu banyak salah pengetikan dan sebagainya, maka lebih baik halaman tersebut diketik kembali. Untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan itu, lazim dipergunakan tanda-tanda koreksi tertentu, sehingga antara penulis dan dosen, atau antara penulis dan penerbit, terjalin pengertian yang baik tentang apa yang dimaksud dengan tanda koreksi itu. Tanda-tanda koreksi itu dapat ditempatkan langsung dalam teks atau pada pinggir naskah sejajar dengan baris yang bersangkutan. Tiap tanda perbaikan dalam baris tersebut (kalau ada lebih dari satu perbaikan pada satu baris) harus ditempatkan berturut-turut pada bagian pinggir kertas; bila perlu tiap-tiapnya dipis

Buku Komposisi Gorys Keraf

Daftar Isi Buku Komposisi Gorys Keraf Kata Pengantar Daftar Isi PENDAHULUAN Bahasa Aspek Bahasa Fungsi Bahasa Tujuan Kemahiran Berbahasa Manfaat Tambahan Kesimpulan BAB I PUNGTUASI Pentingnya Pungtuasi Dasar Pungtuasi Macam-macam Pungtuasi BAB II KALIMAT YANG EFEKTIF Pendahuluan Kesatuan Gagasan Koherensi yang baik dan kompak Penekanan Variasi Paralelisme Penalaran atau Logika BAB III ALINEA : KESATUAN DAN KEPADUAN Pengertian Alinea Macam-macam Alinea Syarat-syarat Pembentukan Alinea Kesatuan Alinea Kepaduan Alinea 5.1 Masalah Kebahasaan 5.2 Perincian dan Urutan Pikiran BAB IV ALINEA : PERKEMBANGAN ALINEA Klimaks dan Anti-Klimaks Sudut Pandangan Perbandingan dan Pertentangan Analogi Contoh Proses Sebab - Akibat Umum - Khusus Klasifikasi Definisi Luar Perkembangan dan Kepaduan antar alinea BAB V TEMA KARANGAN Pengertian Tema Pemilihan Topik Pembatasan Topik Menentukan Maksud Tesis dan Pengungkapan Maksud

Bagian Pelengkap Pendahuluan

2. Bagian Pelengkap Pendahuluan Bagian pelengkap pendahuluan atau disebut juga halaman-halaman pendahuluan sama sekali tidak menyangkut isi karangan. Tetapi bagian ini harus disiapkan sebagai bahan informasi bagi para pembaca dan sekaligus berfungsi menampilkan karangan itu dalam bentuk yang kelihatan lebih menarik. Biasanya bagian pelengkap pendahuluan dinomori dengan mempergunakan angka Romawi. Bagian pelengkap pendahuluan biasanya terdiri dari judul pendahuluan, halaman pengesahan, halaman judul, halaman persembahan, kata pengantar, daftar isi, daftar gambar dan tabel, dan halaman penjelasan kalau ada. Bila karangan itu akan diterbitkan sebagai buku, maka bagian-bagian yang diperlukan sebagai persyaratan formal adalah: judul pendahuluan, halaman belakang judul pendahuluan, halaman judul, halaman belakang judul, halaman persembahan dan halaman belakang persembahan kalau ada, kata pengantar, daftar isi, daftar gambar atau tabel serta halaman penjelasan atau keterangan kalau