Skip to main content

Jenis Fonem

Jenis Fonem Jenis fonem yang dibicarakan di atas (vokal dan konsonan) dapat dibayangkan sebagai atau dikaitkan dengan segmen-segmen yang membentuk arus ujaran. Kata bintang , misalnya, dilihat sebagai sesuatu yang dibentuk oleh enam segmen — /b/, /i/, /n/, /t/, /a/, /Å‹/. Satuan bunyi fungsional tidak hanya berupa fonem-fonem segmental. Jika dalam fonetik telah diperkenalkan adanya unsur-unsur suprasegmental, dalam fonologi juga dikenal adanya jenis fonem suprasegmental. Dalam bahasa Batak Toba kata /itÉ™m/ berarti '(pewarna) hitam', sedangkan /itÉ”m/ (dengan tekanan pada suku kedua) berarti 'saudaramu'. Terlihat bahasa yang membedakan kedua kata itu adalah letak tekanannya, sehingga dapat dikatakan bahwa tekanan bersifat fungsional. Lain lagi yang diperlihatkan dalam contoh bahasa Inggris berikut. Di sini perubahan letak tekanan tidak mengubah makna leksikal kata, tetapi mengubah jenis katanya. Kata benda Kata kerja ‘import ‘impor’

Nikmati Makanan Legendaris di Kafe

Nikmati Makanan Legendaris di Kafe

Nikmati Makanan Legendaris Di Kafe


Nongkrong di kawasan Kota Tua bisa menjadi hal yang mengasyikkan. Pengunjung tidak saja bisa menikmati museum dan bangunan-bangunan tua, tapi juga bisa bersantai di kafe sambil menikmati makanan dan minuman yang cukup legendaris di Jakarta.

Siang menjelang sore, suhu udara di kawasan Kota Tua Jakarta terasa tidak bersahabat. Hembusan angin pun tidak terasa. Namun hiruk-pikuk di seputaran Museum Fatahillah seolah tidak peduli dengan hal itu.

Jika tidak kuat dengan panasnya matahari, coba saja masuk ke kawasan Gazebo Cafe. Meski bentuknya kafe tetapi makanan yang dijual merupakan makanan tradisional dan kaki lima yang sudah melegenda.

Tempatnya memang agak tersembunyi. Kalau mata tidak awas, bisa terlewat deh kafe itu, Tapi sebenarnya mudah juga menemukannya. Kafe ini berada di seberang Museum Fata hiliah, hanya saja tertutup oleh bangunan dari Kafe Batavia.

Memasuki Kompleks Gazebo Cafe, pengunjung dibuat terpana karena meski tempatnya agak tersembunyi, lahan di dalamnya cukup luas dan suasana kafe terbuka langsung terlihat. Memang belum terlalu ramai dan sedikit agak gersang, kurang ada pepohonan dan tanaman. Tapi dengan keberadaan kolam di sisi kafe membuat suasana jadi segar.

Kafenya ada dua lantai, namun yang berfungsi sempurna baru lantai dasar. Pengunjung bisa memilih tempat di mana saja, karena dari situ makanan apa pun bisa dipesan tanpa harus mendatangi kiosnya.

Meski ingin memadukan antara makanan kafe dan makanan tradisional kaki lima, namun sang pemilik kafe, Marshall Pribadi, juga tidak mau sembarangan memasukkan makanan kali lima ke sana.

"Kita pilih betul, mana yang bisa masuk dan kita terima. Saya maunya ya makanan yang tradisional atau legendaris, seperti Ragusa, Dudung Roxi. Jadi sesuai dengan kawasan. Soal harga masih bisa terjangkau," ujar Mahasiswa Fakultas Ekonomi dari Universitas Indonesia ini.

Marshall menambahkan, kesekuruhannya ada 10 penyewa yang menempati Gazebo Cafe. Antara lain Ragusa Es Krim & Restoran, Sop Kaki Karnbing Dudung Roxi, Sate Padang Murni Cikini, Dapur Mama Wing Sriwing, Mie Kepang, dan Pizza Gendeng, Selain itu ada juga Piring Panas, Es Campur Sinar Garut, Dimsum Menteng, Gado-Gado Ngawi, Soto Ngawi, Angkring Margonda Depok, Bandar Kopi, dan sebagainya.

Bagi penggemar kopi yang belum pernah merasakan kopi lokal dari berbagai daerah, di Bandar Kopi bisa dicicipi kopi aceh, kopi wamena, kopi flores, kopi mandailing, kopi jawa, kopi toraja, kopi lintong, dan masih banyak lagi. Harga berkisar Rp21.OOO— Rp23.OOO.

Di sini pengunjung juga bisa mencicipi Es Sinar Garut dari Jalan Patekoan yang sekarang menjadi Jalan Perniagaan, Jakarta Barat. Yang paling favorit di tempat ini adalah es campur dan es alpukat. Keistimewaan dari es alpukatnya, dibuat dari buah alpukat yang dikerok daging buahnya secara dadakan. Begitu juga dengan es campurnya, semua bahan-bahannya masih segar sehingga menambah nikmat cita rasanya.

Sate Padang Murni juga patut dicoba. Pasalnya sate ini pernah mendapat juara pertama sebagai sate padang terenak di acara siIaturahmi keluarga Padang Pariaman tahun 2006 di Jakarta. Ada empat pilihan sate, yakni daging, Iidah, jantung, dan usus sapi. Bumbunya yang kental sangat terasa. Hal ini karena dibuat dari 27 macam bumbu! Seporsinya Rp18.000—Rp20.000.

Mirip food court

Bisa dibilang tempat ini mirip food court di pusat perbelanjaan. Hanya saja layanannya seperti di kafe. Pihak penyelenggara menyediakan waiter dan tempat untuk cuci piring bagi para penyewa.

Lokasi kafe yang terletak di kawasan Kota Tua, tepatnya Jalan Kunir, Tamansari, Jakarta Barat, dinilai menjadi pilihan tepat. Hal itu sesuai dengan rencana Pemda DKI yang mencanangkan Kota Tua sebagai world class tourism destination. Menurut Marshall, pihaknya sengaja memilih kawasan Kota Tua, karena sebagai wujud dukungannya atas rencana Pemda DKI.

Selain itu Gazebo Café juga menyediakan fasilitas seperti live musik, dance floor, biliar, foto studio, toko baju, salon, souvenir shop, dan travel agent. Pernik-pernik yang dijual di souvenir shop lebih banyak mengacu pada Kota Jakarta seperti ondel-ondel, Monas.

"Pokoknya, harga yang kami tawarkan dijamin tidak merobek kocek. Istilah kata, rasa bintang lima, harga kaki lima, serta makanan kami di jamin halal," ujarnya.

Bagi pengunjung yang ingin rileks sehabis berjalan-jalan di Kota Tua, tempat ini juga akan dilengkapi dengan pijat refleksi. Nantinya di tempat itu juga akan sering diadakan nonton bareng sepak bola. Sebenarnya, pengadaan layar proyektor yang cukup besar itu tak hanya digunakan untuk nonton bola, tapi juga nonton film. Misalnya, nonton film kuno, nonton film dokumenter tentang Batavia, atau yang berbau sejarah lainnya.

Sedangkan pada lantai atas masih ada tempat yang kosong. Baru satu tempat di pojokan yang diisi Ragusa. Uniknya. beberapa bagian tembok dilukis dengan suasana seperti tempo dulu. Marshall menuturkan, ke depannya, tempat tersebut akan diisi dengan galeri seni yang akan diisi para seniman muda yang menjual aneka ragam barang-barang seni. (Dian Anditya Mutiara)

Alamat Gazebo Café

Jalan Perniagaan, Jakarta Barat



Buku: 55 Tempat Makan Unik & Asik Ala Warkot

Comments

Popular posts from this blog

Tanda-tanda Koreksi

6. Tanda-tanda Koreksi Sebelum menyerahkan naskah kepada dosen atau penerbit, setiap naskah harus dibaca kembali untuk mengetahui apakah tidak terdapat kesalahan dalam soal ejaan , tatabahasa atau pengetikan. Untuk tidak membuang waktu, maka cukuplah kalau diadakan koreksi langsung pada bagian-bagian yang salah tersebut. Bila terdapat terlalu banyak salah pengetikan dan sebagainya, maka lebih baik halaman tersebut diketik kembali. Untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan itu, lazim dipergunakan tanda-tanda koreksi tertentu, sehingga antara penulis dan dosen, atau antara penulis dan penerbit, terjalin pengertian yang baik tentang apa yang dimaksud dengan tanda koreksi itu. Tanda-tanda koreksi itu dapat ditempatkan langsung dalam teks atau pada pinggir naskah sejajar dengan baris yang bersangkutan. Tiap tanda perbaikan dalam baris tersebut (kalau ada lebih dari satu perbaikan pada satu baris) harus ditempatkan berturut-turut pada bagian pinggir kertas; bila perlu tiap-tiapnya dipis

Buku Komposisi Gorys Keraf

Daftar Isi Buku Komposisi Gorys Keraf Kata Pengantar Daftar Isi PENDAHULUAN Bahasa Aspek Bahasa Fungsi Bahasa Tujuan Kemahiran Berbahasa Manfaat Tambahan Kesimpulan BAB I PUNGTUASI Pentingnya Pungtuasi Dasar Pungtuasi Macam-macam Pungtuasi BAB II KALIMAT YANG EFEKTIF Pendahuluan Kesatuan Gagasan Koherensi yang baik dan kompak Penekanan Variasi Paralelisme Penalaran atau Logika BAB III ALINEA : KESATUAN DAN KEPADUAN Pengertian Alinea Macam-macam Alinea Syarat-syarat Pembentukan Alinea Kesatuan Alinea Kepaduan Alinea 5.1 Masalah Kebahasaan 5.2 Perincian dan Urutan Pikiran BAB IV ALINEA : PERKEMBANGAN ALINEA Klimaks dan Anti-Klimaks Sudut Pandangan Perbandingan dan Pertentangan Analogi Contoh Proses Sebab - Akibat Umum - Khusus Klasifikasi Definisi Luar Perkembangan dan Kepaduan antar alinea BAB V TEMA KARANGAN Pengertian Tema Pemilihan Topik Pembatasan Topik Menentukan Maksud Tesis dan Pengungkapan Maksud

Observasi dan Penelitian Lapangan

3. Observasi dan Penelitian Lapangan Pengumpulan data untuk suatu tulisan ilmiah dapat dilakukan melalui observasi dan penelitian lapangan. Observasi adalah pengamatan langsung kepada suatu obyek yang akan diteliti, sedangkan penelitian lapangan adalah usaha pengumpulan data dan informasi secara intensif disertai analisa dan pengujian kembali atas semua yang telah dikumpulkan. Observasi dapat dilakukan dalam suatu waktu yang singkat, sebaliknya penelitian lapangan memerlukan waktu yang lebih panjang. Observasi dapat dilakukan mendahului pengumpulan data melalui angket atau penelitian lapangan. Dalam hal ini observasi bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang tepat mengenai obyek penelitian sehingga dapat disusun daftar kuestioner yang tepat atau dapat menyusun suatu desain penelitian yang cermat. Sebaliknya observasi dapat juga dilakukan sesudah mengumpulkan data melalui angket atau wawancara. Dalam hal ini tujuan observasi adalah untuk mengecek sendiri sampai di mana kebenara