Jenis Fonem Jenis fonem yang dibicarakan di atas (vokal dan konsonan) dapat dibayangkan sebagai atau dikaitkan dengan segmen-segmen yang membentuk arus ujaran. Kata bintang , misalnya, dilihat sebagai sesuatu yang dibentuk oleh enam segmen — /b/, /i/, /n/, /t/, /a/, /Å‹/. Satuan bunyi fungsional tidak hanya berupa fonem-fonem segmental. Jika dalam fonetik telah diperkenalkan adanya unsur-unsur suprasegmental, dalam fonologi juga dikenal adanya jenis fonem suprasegmental. Dalam bahasa Batak Toba kata /itÉ™m/ berarti '(pewarna) hitam', sedangkan /itÉ”m/ (dengan tekanan pada suku kedua) berarti 'saudaramu'. Terlihat bahasa yang membedakan kedua kata itu adalah letak tekanannya, sehingga dapat dikatakan bahwa tekanan bersifat fungsional. Lain lagi yang diperlihatkan dalam contoh bahasa Inggris berikut. Di sini perubahan letak tekanan tidak mengubah makna leksikal kata, tetapi mengubah jenis katanya. Kata benda Kata kerja ‘import ‘impor’
Kelahiran Sampoerna (1913)(14)
Industri rokok di Indonesia dikagumi karena kemampuannya mempertahankan tradisi pengolahan dan pembuatan. Komoditasi rokok, khususnya kretek, memiliki akar budaya yang dalam yang membuatnya—meski bisa ditemukan di tempat lain—memiliki karakter khas Indonesia. Di sisi lain, ia juga dipandang sebagai ancaman besar bagi para pesaingnya, terutama perusahaan asing, karena keahliannya mengombinasikan tradisi tersebut dengan teknologi baru. Komersialisasi masal yang dipacu oleh mesin produksi ternyata mampu menjamin dengan sempurna oleh perusahaan lokal dengan quality control pada kualitas rasa.Di tengah banyaknya pilihan kategori produk, maraknya perusahaan-perusahaan baru, dan persaingan dengan perusahaan asing, Sampoerna hadir memberi warna sendiri bagi industri rokok di Indonesia. Inilah perusahaan kretek tertua yang masih bertahan dan sukses hingga sekarang. Melalui inovasi dan strategi pemasaran yang canggih, perusahaan ini bukan hanya mampu mempertahankan umur usahanya sampai generasi keempat, namun juga berhasil menjadi pemain utama di industri rokok nasional. Dilekatkan pada lanskap bisnis yang ada, bagian tulisan ini akan membahas seputar pendirian Sampoerna, perusahaan rokok paling inovatif di Indonesia.
Buku: 4-G Marketing: A 90-Year Journey Of Creating Everlasting Brands
Comments
Post a Comment